26 Desember 2007

Rakor Nasional Akhir Tahun 2007


Melengkapi rangkaian kegiatan pada penghujung tahun 2007 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pengembangan Kecamatan, PT. Amythas Expert & Associates sebagai Panitia Penyelenggara Rakor bekerjasama dengan Satker PNPM-PPK dan National Managamen Consultan (NMC)mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan di Hotel Golden Bottique di bilangan Blok M.

Rakornas yang diselenggarakan pada tanggal 14~18 Desember 2007 adalah merupakan Rapat Koordinasi yang sangat menentukan dan penting dalam merefleksikan seluruh proses dan hasil kegiatan yang sudah dilakukan dalam tahun ini maupun sebagai sebagai dasar dalam menindaklanjuti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri yang sudah harus dilaksanakan pada awal bulan Januari 2008.

Sebagai suatu kegiatan yang dilakukan pada akhir suatu kegiatan, maka rakaor kali ini lebih memastikan hasil Rencana Tindak Lanjut yang sudah disepakati dalam rakor sebelumnya dilihat hasilnya. Bagi lokasi-lokasi yang masih belum mencapai progres kegiatan sebagaimana yang direncanakan, maka pada rakor kali ini disepakati atau diputus bagaimana penanganannya. Evaluasi dari rencana tindak lanjut bukan hanya pada proses kegiatan reguler, tetapi dilakukan untuk seluruh kegiatan yang dilakukan dalam tahun 2007, termasuk semua pilot-pilot, dan lokasi bencana.

Mengingat pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat yang sudah harus dilaksanakan diawal tahun 2008, maka pada rakor ini akan dibangun kembali tupoksi dari konsultan. Hal ini dimaksdukana agar terjadi kesaran individu kepada konsultan dalam melaksanakan tupoksinya. Berdasarkan tupoksi yang sudah menjadi kebijakan program, maka akan dilakukan penyusunan kompentensi sesuai dimaksuk. Tupoksi ini dirumuskan secara bersama-sama oleh seluruh koorprov, dan diharapkan dari kegiatan ini akan memberikan penyadaran baru kepada seluruh konsultan mengenai apa yang menjadi tugas pokok serta fungsinya, sekaligus sebagai alat evaluasi individu terhadapa kompetensi yang sudah dan belum dikuasai oleh konsultan dimaksud.

Perumusan kompetensi secara partisipatif ini juga dimaksudkan agar muncul rasa memiliki dari setiap tupoksi yang dilaksanakan koorprov. Rakornas kali ini dilaksanakan selama 2 hari efektif, dihadiri oleh pelaku PPK Pusat dan Provinsi yang terdiri dari TK PNPM-PPK dan, Sekretariat Pusat, KM-Nasional, Koordinator Provinsi dan MIS. Melalui Rakornas, konsolidasi di antara para pemegang kendali pelaksanaan program di lapangan dapat dilakukan.
Di samping materi-materi yang menyangkut teknis keprograman, maka dalam rakornas kali ini juga diberikan input (penambahan wawasan) kepada para Korprov, MIS dan KM Nas. Untuk itu maka direncanakan akan dihadirkan nara sumber yang pakar dalam bidang motivasional. Diharapkan dengan kehadiran nara sumber ini maka akan meningkatkan komitmen dan wawasan tentang metode alternatif untuk memotivasi team kerja, teknik meningkatkan mitra kerja di lapangan, dan membangun kesadaran kepemimpinan dalam PNPM-PPK.

Peserta Rakornas berjumlah 119 orang, yang terdiri dari:1. TK PNPM-PPK (10 orang)2. Sekretariat PNPM-PPK (10 orang)3. KM-Nasional (25 orang)4. Koordinator Provinsi (32 orang)5. Koordinator P. Nias ( 1 orang)6. Spesialis MIS (33 orang)7. Pengelola data dan laporan ( 6 orang)(untuk provinsi Sumut, Riau, Kepri, Bali, Kalteng, Malut, Papua)8. Narasumber ( 2 orang).

Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain :1. Memberikan informasi Kebijakan PNPM 2008, 2. Mengevaluasi progres pelaksanaan kegiatan dan Pencairan Dana3. Mengevaluasi Pencapaian RKTL dan Target penyelesaian Desember 2007 pelaksanaan PPK III (Siklus 10), PNPM-PPK, beberapa pilot yang ada di PNPM-PPK (Generasi, P2SPP, Pendidikan, SADI), Lokasi bencana, Pengelolaan konsultan, LSM-PBM, Infrastruktur, Penanganan masalah, Pemantauan/Audit Internal 4. Merefleksi Kompetensi dan Tupoksi (Job Description) Korprov5. Meningkatkan wawasan tentang teknik membangun tim6. Agenda Khusus untuk Manajemen MIS
Dengan output yang akan dihasilkan di antaranya :


  1. Dipahaminya kebijakan PNPM Tahun 2008;
  2. Kesepakatan tentang penyelesaian kegiatan dan Pencairan Dana
  3. Penyelesaian pelaksanaan PPK III (Siklus 10) , PNPM-PPK, beberapa pilot yang ada di PNPM-PPK (Generasi, P2SPP, Pendidikan, SADI) Lokasi bencana, Pengelolaan konsultan, LSM-PBM, Infrastruktur, Penanganan masalah, Pemantauan/Audit Internal
  4. Terefleksinya kemampuan Korprov dalam menilai dirinya sendiri dan kompetensi yang dimiliki berdasarkan standar kompetensi yang ada
  5. Meningkatnya wawasan tentang teknik motivasi tim6. Agenda Khusus untuk Manajemen MIS.
Sehubungan dengan tujuan dan output tersebut di atas, maka agenda yang di bahas dalam Rapat Koordinasi ini mencakup:1. Kebijakan PNPM 2008;2. Progres pelaksanaan kegiatan dan Pencairan Dana3. Progres penyelesaian progres PPK III (Siklus 10) , PNPM-PPK, beberapa pilot yang ada di PNPM-PPK (Generasi, P2SPP, Pendidikan, SADI) Lokasi bencana, Pengelolaan konsultan, LSM-PBM, Infrastruktur, Penanganan masalah, Pemantauan/Audit Internal 4. Penambahan wawasan tentang teknik motivasi Tim5. Refleksi Kompetensi dan Job Desk Korprov6. Agenda Khusus untuk Manajemen MIS (terlampir jadual dan kurikulum)

3 komentar:

UD. BINTANG ANTIK SEJAHTERA mengatakan...

Salam Kenal Buat teman teman Pelaku PNPM di Jawatimur...ini mmungkin agak narsis untuk dikatakan tapi kami akan tetap sampaikan : BINTANGANTIK SEJAHTERA OBRAL PRASASTI MARMER untuk tahun Anggaran 2012 ...Silahkan mampir di http://prasastimarmer.blogspot.com/

Prasasti Marmer mengatakan...

Semoga seluruh kegiatan di Kabupaten Sampang selalu sukses dan menemui prestasi gemilang.Terimakaish kami sampaikan atas kerjasama selama ini untuk pengadaan prasasti marmernya pada Team kami.Pemesanan secara online dan offline selalu kita kedepankan untuk keamanan bertransaksi.Salam kompak

prasasti marmer mengatakan...

http://www.prasastimarmer.com/2012/11/prasasti-pnpm-temanggung-jawatengah.html